Lampu Penerangan Pada Mobil

Lampu penerangan di mobil adalah komponen penting untuk membantu kelancaran dan keamanan saat mengemudi.

Sistem penerangan merupakan bagian dari komponen sistem kelistrikan pada badan mobil. Komponen sistem penerangan tersebut dapat membantu kelancaran dan keamanan pada saat mengemudi, terutama waktu malam hari. Apalagi ketika musim hujan, dimana kondisi jalan biasanya berkabut. Sehingga akan membutuhkan penerangan cukup saat menjalankan mobil di jalan berkabut.

Beberapa komponen pada sistem penerangan mobil adalah sebagai berikut:Lampu Kepala

Lampu kepala berfungsi sebagai penerang jalan pada jarak yang bisa menerangi pandangan pengemudi mobil. Lampu kepala harus memungkinkan pengemudi melakukan pengediman, sehingga mencegah pengemudi terkena silau sinar lampu kendaraan lainnya.

Bagian-bagian penting dari sistem lampu kepala adalah unit lampu kepala, sakelar lampu kepala, sakelar lampu terang, lampu redup dan lampu indikator, serta pelindung pemutus sirkuit.

Lampu Interior

Fungsi dari lampu interior yaitu dapat digunakan untuk penerangan di dalam ruang mobil, misal pada saat seseorang berada di dalam mobil dengan kondisi cahaya dari luar gelap, maka lampu interior dapat dinyalakan untuk menerangi ruangan dalam mobil. Pada umumnya lampu interior berada di atas langit-langit kendaraan (kap mobil).

Lampu Instrumen

Lampu ini berupa beberapa lampu kecil yang digunakan untuk penerangan dalam panel instrumen mobil. Lampu instrumen ini sangat penting bagi pengoperasian kendaraan, yang akan mempermudah pengemudi dalam mengamati panel instrumen mobil pada saat mengemudi.

Lampu Peringatan dan Keamanan

Fungsi lampu ini sesuai dengan namanya, yaitu sebagai pengaman atau memberikan peringatan kepada pengemudi dan lingkungan di sekitarnya.

Lampu peringatan dan keamanan terdiri dari: lampu parkit (lampu tanda belok dan lampu mundur), lampu ekor (belakang), lampu pelat nomor, lampu penyetop, dan lampu indikator starter serta lampu rem.