Sewa Mobil Pada Umumnya

Sebuah tempat sewa menyewa mobil atau agen sewa mobil adalah sebuah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat (umumnya berkisar antara beberapa jam sampai beberapa minggu). Tidak jarang beberapa perusahaan itu memiliki perwakilan yang tersebar di beberapa wilayah, atau dapat dikatakan bahwa perusahaan sewa mobil sering diselenggarakan dengan banyak cabang lokal (yang memungkinkan pengguna jasa untuk kembali menyewa kendaraan ke lokasi yang berbeda). Terutama tempat pengadaan jasa sewa mobil yang terletak di dekat bandara atau daerah kota yang sibuk dan sering dilengkapi dengan sebuah website yang memungkinkan adanya pemesanan online.Agen penyewaan mobil terutama melayani orang-orang yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan mobil dengan mudah, tanpa perlu berusaha untuk memiliki sendiri, atau karena sesuatu hal tertentu. Misalnya bagi wisatawan yang berada di luar kota atau pemilik kendaraan yang rusak atau hancur yang sedang menunggu perbaikan kompensasi atau asuransi. Karena demi memenuhi berbagai kepentingan para pelanggan, agen penyewaan mobil juga dapat melayani jasa sewa dengan berbagai jenis unit mobil baru, dan di pasar tertentu jenis lain kendaraan seperti sepeda motor atau skuter mungkin juga ditawarkan.

Bersamaan dengan dasar sewa kendaraan, mobil agen penyewaan biasanya juga menawarkan produk-produk tambahan seperti asuransi, global positioning system (GPS) yang pada umumnya dikenal sebagai sistem navigasi, sistem hiburan, dan bahkan hal-hal seperti kemudahan dalam reservasi atau pun yang berhubungan dengan pelayanan di masa sewa mobil berlangsung.

Perusahaan penyewaan mobil bisa saja beroperasi dengan membeli atau leasing di sejumlah dealer armada kendaraan. Atau pun dapat juga dengan menyewa di pemilik kendaraan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka, tentu dengan untuk biaya yang telah ditentukan dan terjadi kesepakatan di antara kedua belah pihak.

Pada akhir periode pemanfaatan kendaraan sewaan, perusahaan penyewaan sering akan menjual unit mobilnya ke pasar mobil melalui beberapa metode, termasuk penjualan langsung dan melalui khusus perusahaan lelang grosir, yang umum ada di kota-kota besar. Dealer umumnya akan melalui inspeksi kendaraan untuk memastikan mereka mematuhi standar keamanan dealer yang dan kemudian menjual mobil untuk publik.

Sebuah agen sewa mobil yang khas tentu akan menawarkan harga rata-rata kendaraan sewanya, namun dengan beberapa fasilitas tambahan mungkin ada yang menawarkan lebih tinggi, misalnya saja unit mobil sewa yang up to date, dilengkapi dengan asuransi all risk comprehensive, atau fasilitas lain yang menjadi unggulan agen tersebut. Beberapa mungkin juga menawarkan kendaraan seperti sedan untuk menarik pasar yang khusus, misalnya untuk mobil pengantin (wedding car). Kebanyakan juga menawarkan SUV di samping van penumpang.

Penyewaan mobil tunduk pada berbagai kondisi yang bervariasi dari satu merek ke yang lain. Kendaraan sewa harus dikembalikan dalam kondisi baik. Kadang-kadang ada pelanggan yang harus melebihi jarak waktu sewa maksimum yang ditentukan, hal ini tentu biaya tambahan mungkin timbul sebagai kompensasi dari kelebihan waktu sewa mobil. Selain itu, beberapa perusahaan menetapkan usia minimum untuk pengemudi kendaraan, bahkan di negara-negara dimana usia hukum minimum untuk memegang lisensi mengemudi jauh lebih rendah. Dalam semua kasus izin mengemudi, berlaku saat ini diperlukan dalam rangka untuk menyewa kendaraan. Hal ini untuk memastikan tingkat keamanan dari pelayanan sewa mobil.

Kondisi terakhir dari perkembangan bisnis sewa mobil telah memanfaatkan teknologi GPS untuk pengamanan, sementara di beberapa negara justru menggunakan GPS untuk membatasi kecepatan maksimum atau pada saat mengemudi ke daerah tertentu (alat kontrol sosial).

Perusahaan penyedia jasa penyewaan mobil dapat juga memerlukan penggunaan kartu kredit untuk memudahkan bagi mereka dalam melacak orang yang mencoba untuk mencuri mobil sewa, atau untuk mengenakan biaya tambahan pada saat proses sewa mobil melebihi dari ketentuan yang telah disepakati antara perusahaan penyedia jasa sewa mobil dengan pelanggannya.

Walaupun sering tidak secara eksplisit dinyatakan, perusahaan penyewaan mobil diwajibkan untuk menyediakan cakupan tanggung jawab minimal. Hal ini mencakup biaya kepada pihak ketiga dalam hal terjadi kecelakaan, umum disebuat sebagai Tanggung Jawab Hukum (TJH) Pihak Ketiga. Di kebanyakan negara adalah ilegal untuk mengendarai mobil tanpa cakupan kewajiban. Perusahaan sewa mobil memiliki kewajiban dengan kendaraan mereka, terutama menyangkut segi keselematan para pengguna jasa sewa mobil. Setidaknya dengan adanya standar pelayanan jasa sewa mobil yang baik tentu akan menjadi nilai tambah bagi pengguna jasa sewa mobil. Umumnya masyarakat saat ini telah mampu menilai perusahaan penyedia jasa sewa mobil yang akan mereka butuhkan.