Monthly Archives: December 2011

Sistem Pelumas Pada Kendaraan

Sistem pelumas berfungsi untuk menyuplai oli ke permukaan bantalan-bantalan dari semua bagian pada mesin kendaraan yang bergerak. Setiap bagian itu terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu dengan yang lainnya.

Yang pertama adalah oli pelumas, yang sering digunakan adalah oli mineral dengan tambahan zat kimia bervariasi. Oli mesin ini diproduksi sesuai dengan derajat kualitas, viskositas (viskositas merupakan pengukuran dari ketahanan fluida yang diubah baik dengan tekanan maupun tegangan), maupun dari pengujian ketentalan yang berbeda.

Tips Melakukan Service Kendaraan Saat Darurat

Saat kendaraan mengalami gangguan kecil, tidak jarang kita harus turun tangan sendiri melakukan tindakan darurat agar perjalanan lancar sampai ke tujuan. Hal ini mungkin saja terjadi ketika kita mengendarai mobil dalam perjalanan, sehingga perjalanan yang diharapkan lancar menjadi sebaliknya.

Namun, dalam kondisi kendaraan mengalami gangguan apa pun, berusahalah untuk tetap tenang. Berikut ada tips yang dapat dilakukan saat terjadi beberapa gangguan kecil pada mobil Anda.

Saat penghapus kaca tidak bekerja, tentu jika ini terjadi akan menimbulkan gangguan pada pandangan saat mengemudi. Terlebih pada waktu turun hujan. Nah, cobalah untuk menepi sebentar. Lap kaca dengan lap bersih lalu taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca. Kemudian gosoklah dengan tangan. Cara yang lain adalah dengan menyiramkan softdrink (minuman yang mengandung soda) dari atas hingga sepanjang kaca. Selanjutnya seka dengan lap bersih. Kalau kebetulan di sekitar tempat Anda ada pohon pisang, pelepah pisang juga dapat digunakan sebagai alat penyeka. Caranya, ambil pelepah pisang tersebut, potong dan torehkan getah pelepah daun pisang ke seluruh permukaan kaca.

Lain bila terjadi kaca mobil Anda berembun pada permukaan dalam. Cobalah untuk menemukan kain lap yang lembab. Poles permukaan dalam kaca dengan sabun colek, sampo atau bubuk detergen. Usapkan hingga rata.

Misal lampu mobil padam karena sekring putus, segeralah parkir di tempat yang aman (cukup banyak kendaraan atau pemukiman). Setelah itu, copot terminal lampu dan ambil kabel. Sambungkan kabel ke terminal min (-) lampu yang terletak di sebelah kiri (dihadapan Anda) ke terminal negatif (-) aki (accu). Sedangkan kabel yang satu dihubungkan dari bagian terminal ke terminal plus (+) aki. Insya Allah, hal ini bisa membantu mengatasi masalah lampu mobil padam tersebut.

Nah, ketika dalam perjalanan tiba-tiba radiator mobil bocor dan hal ini Anda sadari. Segera hentikan kendaraan. Bila dipastikan air radiator habis (kering), tunggulah hingga mesin menjadi dingin. Selanjutnya tuangkan air radiator sambil mengamati bagian yang bocor. Kalau bagian yang bocor sudah ditemukan. Lakukanlah penambalan darurat, manfaatkan sesuatu yang ada di sekitar Anda. Misalnya buah pisang. Parutkan buah pisang tersebut ke bagian yang bocor tadi. Tunggu hingga 10 sampai 15 menit, baru kemudian isi radiator dengan air. Alangkah lebih baik bila saat perjalanan, bawalah selalu campuran penambal radiator (radiator stopleak) untuk berjaga-jaga bila terjadi kebocoran pada radiator.

Apabila kendaraan terlalu panas, menepilah di tempat yang aman. Nyalakan lampu darurat, kemudian matikan mesin. Perhatian, jangan membuka tutup radiator saat mesin dan radiator masih panas. Tunggulah hingga 15/30 menit. Isi kembali radiator dengan air. Jika suhu normal, cek permukaan cairan. Kalau berkurang, mungkin saja terjadi kebocoran pada radiator.

Tips tersebut di atas hanya beberapa solusi yang dapat dilakukan pada gangguan-gangguan kecil yang terjadi. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang ke bengkel agar mobil dapat nyaman dikendarai.

Mengenal Pegas Pada Sistem Suspensi Kendaraan

Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda.

Pegas bekerja sebagai komponen suspensi kendaraan yang membuat guncangan naik turun pada kendaraan akan dibatasi atau diredam oleh pegas tersebut. Hal ini membuat ban mobil dapat secara stabil berada di permukaan jalan. Gaya kejut yang seharusnya diterima oleh ban telah diredam terlebih dulu oleh suspensi. Dengan demikian gerakan ayun yang terjadi pada kendaraan ketika ada guncangan menjadi berkurang.

Ada beberapa pegas pada sistem suspensi kendaraan, antara lain: pegas keong (spring koil), pegas daun (leaf spring), pegas bar (torsian bar), dan pegas udara (air spring).

Pegas keong (spring koil) adalah pegas yang berbentuk kumparan, terbuat dari puntiran batang baja berpenampang bundar. Bentuk pegas ada yang membentuk silinder dan kerucut (bagian pusat diameter lingkaran puntirannya lebih besar). Pegas keong ini dipasang pada bagian depan dan belakang kendaraan.

Selanjutnya pegas daun (leaf spring), ada dua jenis yaitu: pegas daun dengan satu lembar pelat baja dan pegas daun multipelat baja. Pegas daun pada umumnya digunakan pada kendaraan pengangkut beban berat/ besar. Misalnya: truk, bus, atau trailer.

Sedangkan untuk pegas bar (torsian bar) merupakan pegas yang berfungsi sebagai penahan beban puntir atau torsi. Pegas bar merupakan batang lurus yang kaku dan terbuat dari baja pegas. Umumnya diklem pada salah satu ujung frame/ body kendaraan, dan ujung yang lain dihubungkan dengan salah satu lengan pengendali bagian atas atau bagian bawah. Di saat lengan pengendali berayun ke atas atau ke bawah karena adanya pergerakan roda, batang torsi melakukan gerakan memuntir sehingga menyediakan gerakan reaksi. Biasa digunakan oleh jenis kendaraan angkutan ringan.

Pegas udara (air spring) merupakan pegas yang terbentuk oleh silinder karet atau kantong udara yang berisi udara. Piston plastik pada lengan pengendali bagian bawah bergerak ke atas lalu ke bawah bersama-sama dengan lengan pengendali bagian bawah. Sehingga kantong udara yang berisi udara yang ditekan itu dapat berfungsi sebagai pegas. Bila beban kendaraan berubah, klep bagian atas dari kantong udara akan membuka untuk menambah atau mengurangi udara. Agar pegas udara selalu berisi udara, terdapat sebuah kompresor udara yang dihubungkan pada klep.

Perkembangan Mobnas Indonesia

Tahukah Anda, bahwa Indonesia telah mencatat sejarah perkembangan dunia otomotif mobil melalui berbagai produk mobil nasional. Sebagai Negara berkembang, tentulah hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah prestasi yang membanggakan, walaupun banyak di antara produk otomotif mobil tersebut pada akhirnya hanya tinggal kenangan.

Masih ingat dengan Maleo? Mobil maleo ini adalah proyek mobil nasional yang diusung oleh menristek BJ Habibie di tahun 1996. Mobil ini rencananya akan dilempar ke pasaran nasional dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau oleh masyarakat. Mesin Maleo berkapasitas 1200 cc ini merupakan teknologi baru (pada saat itu), yang merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan Australia yang menggabungkan teknologi mesin 2 tak dengan teknologi injeksi bahan bakar. Komponen lokal maleo direncanakan diatas 80%. Dipercaya satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.

Selanjutnya ada produk mobnas yang diberi nama MR 90. Sebenarnya produk mobil ini merupakan proyek nasionalisasi Mazda 323 Hatchback oleh PT. Indomobil, model terakhir dari upaya ini adalah Mazda Van tren pada tahun 1994. Lalu pabrikan Kalla Motor juga tidak ketinggalan. Kalla Motor pernah menciptakan mobil kecil bermesin 500 cc sebagai calon mobil produksi Indonesia. Tidak dketahui kenapa tidak jadi diproduksi.

Disusul kemudian munculnya produk Bakrie Beta 97 MPV yang direncanakan sebagai mobil nasional. Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers pernah menyiapkan mobil Minibus pada tahun 1994. Rancangan mobil ini berjenis Minibus atau MPV, mobil yang dinamakan Beta 97 MPV ini memiliki desain orisinil buatan rumah desain Shado asal Inggris, satu unit mobil contoh sudah dibuat dan diuji coba di Inggris. Pada bulan April 1995 design Beta 97 MPV selesai dan mulai diperlihatkan ke manajemen Bakrie dan setelah itu, desain tersebut langsung dikembangkan hingga prototipe mobil ini selesai di tahun 1997. Namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.

Program mobnas paling terkenal berikutnya adalah produk milik PT. Trimor Putra Nasional yang didukung penuh oleh pemerintah era Suharto melalui kebijakan resmi (Keppres dan inpres). Model pertama adalah Timor S515 yang merupakan Kia Sephia 1995 yang di-rebadging. Rencanan untuk mengembangkan mobil asli Indonesia baru bisa diwujudkan dalam program Timor S2. Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi kedua yang dirancang oleh rumah desain Zagato – Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim Suharto.

Perkembangan mobil nasional selanjutnya adalah adanya produk Bimantara. Upaya membuat mobil Indonesia dengan menggandeng Hyundai, pabrikan terkenal asal Negara Korea. Lalu ada pula Kancil, kendaraan niaga cilik irit lincah ini merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang dirancang, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti Bajaj dan Bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta. Sayang Kancil tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari pemkot Jakarta ataupun masyarakat pada umumnya.

Lain Kancil, ada Macan (Texmaco). Macan adalah kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc yang diproduksi oleh PT. Texmaco dengan menggandeng Mercedes Benz, tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001. PT. Texmaco juga memproduksi truck Perkasa yang merupakan satu satunya kendaraan jenis truk yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia. Truk ini mempunyai kandungan lokal mencapai 90%. Mesin diesel yang digunakan adalah lisensi dari Cummin Amerika, persneling ZF dari Jerman, gardan (Axle) dari Eston Amerika serta badan adalah lisensi dari Leyland (Inggris). Tercatat TNI telah memesan 1000 unit dan sampai tahun 2009 truk ini masih operasional. Macan dan Perkasa sudah tidak diproduksi lagi akibat kebangkrutan PT Texmaco yang terkena dampak krisis moneter (1997-1998).

Pernah juga muncul rancangan mobil yang idenya berangkat dari melihat kondisi lingkungan perkotaan dengan banyaknya gang atau wilayah pemukiman yang sempit. Namanya Gang Car. Gang Car adalah sebuah mobil mini berkapasitas 2 orang buatan PT. DI yang ditenagai mesin 125-200 cc. Mobil ini didesain utnk berukuran cukup kecil sehingga bisa beroperasi di gang-gang sempit di daerah perkotaan. Hanya saja proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut.

Kalau MARLIP merupakan produk mobil bertenaga listrik. MARLIP adalah hasil karya PT MARLIP INDO MANDIRI. Perusahaan ini didirikan melalui hasil Riset di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. PT. Marlip Indo Mandiri dikenal sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi Mobil listrik. Saat ini MIM memfokuskan usaha untuk memproduksi kendaraan listrik kegunaan khusus yang dapat digunakan di rumah sakit, padang golf, area pabrik, perkantoran, lapangan bola, area hotel/ resort, tempat-tempat wisata dan sejenisnya. Jenis-jenis Marlip adalah Marlip Mosen Standard (diperuntukkan sebagai mobil rumah sakit sehingga memudahkan dalam mobilisasi pasien), Marlip tipe R410 yang menggunakan Ban dan Pelek buatan APEX, Marlip Type Smart (untuk area perumahan dan perkantoran berwilayah luas), Marlip tipe City Car (mobil perkotaan), Marlip Type LE 320 & LE 330(difungsikan sebagai alat transportasi di lapangan golf, patroli, dan wisata), Marlip tipe Hercules (biasa digunakan di area hotel, perkantoran, ataupun bandara), dan Marlip tipe Pick up.

Kemudian ada juga hasil kreatifitas anak bangsa, yaitu Arina, Tawon dan Nuri. Mobil Arina adalah karya Universitas Negeri Semarang (Unnes). Tenaga penggerak datang dari mesin sepeda motor berkapasitas 150 cc sampai 250 cc. Mobil kecil ini berkapasitas 4 orang penumpang dan kemungkinan di kemudian hari dilengkapi dengan mesin berkapasitas lebih besar (500 cc). Kalau Tawon diproduksi oleh PT Super Gasindo di Rangkasbitung, Banten. Mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dan gas CNG ini ramah lingkungan dan sudah memenuhi standarisasi Euro III. Mobil ini berkapasitas 650cc, 4 percepatan manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100km/jam. Konsumsi gasnya 1 kg untuk jarak 20 km. Mobil Nasional yang sudah mengandung 90% kandungan lokal inipun, dijual dengan harga 48 juta on the road pada bulan Juli 2010. Tawon memiliki 2 segmentasi pasar, yaitu sebagai pengganti bajaj, serta untuk mobil penumpang pribadi. Sedangkan untuk mobnas dengan merk dagang Nuri adalah saudara mobil Tawon, mulai ditunjukkan ke public pada bulan Juli 2010. Nuri adalah hatchback 5 pintu yang akan didukung dengan mesin 800cc dan menerapkan teknologi dual fuel (bensin dan LPG). Proyeksi harga Nuri adalah sekitar 50 juta rupiah.

Lalu ada mobil FIN Komodo. Produk kendaraan offroad jenis CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relative kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relatif irit. Mobil ini diperuntukkan pada kondisi medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 – 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter. Komodo adalah kendaraan segala medan produksi PT. Fin Komodo Teknologi, kendaraan ini dirancang untuk menjelajah segala medan dan bermesin hanya 180 cc. Pada tahun 2009 dikeluarkan juga Komodo versi transmisi otomatis dengan mesin berkapasitas 250 cc. Tahun 2009, FIN Komodo ditawarkan dengan harga berkisar antara enam puluh juta rupiah.

Terakhir adalah 3 produk mobil nasional, yaitu GEA, Digdaya dan Rajawali. GEA adalah mobil perkotaan (City car) produksi kerjasama antara PT Inka dan BPPT. Mobil ini Mesin Rusnas 650 cc yang merupakan mesin asli buatan Indonesia hasil riset BPPT. Dalam tahap pengembangan terlihat badan mobil terbuat dari serat kaca atau fiberglass dan berkapasitas 5 orang. Lihat blog: http://mobnasgea.blogspot.com. Sedangkan untuk Digdaya dan Rajawali adalah produk mobil hasil kreatifitas pelajar SMK Singosari di Malang – Jawa Timur. Digdaya berjenis MPV dan dipamerkan dalam Pameran Produk Indonesia 2009 di Kemayoran – Jakarta. Tenaga penggerak mobil ini menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc. Mobil Esemka Digdaya dirancang multifungsi, baik untuk kenyamanan berkendara maupun niaga. Kuat menampung hingga lima orang dan kabin belakangnya bisa mengangkut sepeda atau barang belanjaan. Digdaya dan Rajawali mempunyai spesifikasi mesin dan bodi yang sama. Mobil Digdaya ini dibandrol dengan harga dibawah Rp. 150 juta. Pilihan-pilihan untuk Rajawali dan Digdaya tersebut antara lain mesin bensin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc, dan 2.200 cc. Sedangkan untuk yang berbahan bakar diesel sudah disiapkan 2.500cc. Rajawali bermesin 1.500 cc multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 horse power(hp) pada putaran 5.500 rpm dengan torsi puncak hingga 145 Nm di 4.100 rpm. Rajawali mampu menampung delapan orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm,dan tinggi 1.630 mm. Rajawali juga telah dibekali sederet fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parking, hingga head unit CD player. Mobil Esemka Rajawali ini dijual dengan harga sekitar 150 juta – 180 juta (rupiah).

Cat Mobil Tergores (Cacat)

Saat mengalami benturan atau karena goresan benda keras, dapat menyebabkan cat pada body mobil menjadi terlihat cacat.

Kadang terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, yaitu berada di situasi tawuran, dan Anda sedang mengendarai mobil di tempat terjadinya peristiwa tersebut. Atau mungkin saat terjadi benturan dengan kendaraan lain, bisa saja terjadi gesekan yang mengakibatkan cat body mobil menjadi terkelupas, atau mungkin meninggalkan goresan yang tentu akan mengurangi tampilan mobil kesayangan Anda.

Apabila cat body telah mengelupas atau cacat, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Untuk cat body yang tergores, gunakanlah kompon putih yang dioleskan pada bahan kain halus dan usapkan di bagian cat body yang tergores tersebut. Selanjutnya, diamkan beberapa saat. Gosokkan kain halus yang bersih sampai goresan tidak terlihat. Agar cat body tampak mengkilap, usapkan bahan poles secara teratur.

Sedangkan apabila cat body sudah mengelupas sehingga permukaan dempul terlihat, tutuplah bagian yang terkelupas tersebut dengan cat yang sesuai warnanya. Kita dapat mempergunakan kuas kecil untuk mengoleskan cat pada bagian cat body yang terkelupas. Baru kemudian setelah kering, dapat dipoles dengan kompon. Usap bagian tersebut dengan kain halus yang telah diolesi kit pengkilap body secara berulang-ulang hingga mengkilap.

Pada kondisi kerusakan yang berat, yaitu dengan ditandai adanya cat dasar yang terkelupas, gunakanlah amplas untuk mengamplas bagian tersebut hingga benar-benar bersih. Hal ini dilakukan agar body terhindar dari timbulnya korosi. Dalam kondisi ini sangat baik apabila terlebih dahulu dipergunakan cairan anti karat sebelum bagian tersebut dicat. Lakukanlah pengecatan dengan mempergunakan bahan warna cat yang sesuai. Saat cat sudah mengering, oleskan kompon putih, gosok secara berulang hingga warna cat membaur dengan cat yang lama.

Tentu langkah-langkah tersebut di atas perlu dilakukan dengan ketelitian dan keterampilan yang memadai agar hasilnya dapat maksimal. Andaikata ada kekhawatiran kalau hasilnya tidak memuaskan bila dilakukan sendiri, bawalah mobil kesayangan Anda ke bengkel body repair terdekat. Bila kebetulan tempat tinggal Anda di Semarang, Tritama Auto Service dapat menjadi salah satu bengkel body repair terpercaya pilihan Anda untuk membantu memperbaiki cat mobil yang tergores atau cacat.

Suhu Mesin Mobil Panas Tidak Normal

Mesin mobil menjadi terlalu panas atau kondisi panas yang tidak normal akan berdampak buruk pada bagian-bagian yang lain.

Jika kondisi mesin terlalu panas, temperaturnya terlalu tinggi, akan membakar atau mengurangi volume minyak pelumas. Sehingga fungsi minyak pelumas menjadi hilang.

Coba periksa apakah cairan pendingin terlalu sedikit. Jika memang kondisinya terlalu sedikit, segeralah dilakukan penambahan cairan pendingin. Pastikan tidak ada kebocoran pada tempat/ wadah cairan pendingin mesin.

Selanjutnya pastikan bahwa tidak ada gejala kerusakan pada tali kipas, atau tali kipas dalam kondisi tidak normal (kendur). Bila memang tali kipas terlihat sudah aus, segeralah diganti dengan yang baru. Tali kipas yang terpasang jangan sampai terlalu kencang. Periksa suara pompa dan gerakan pada poros kipas jika diputar dengan tangan, jangan sampai ada gerakan kasar pada poros kipas yang menimbulkan suara. Apabila terbukti pompa rusak, segera diganti.

Mesin yang terlalu panas juga dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada tutup radiator. Oleh karen itu, bila terbukti tutup radiator rusak, segera ganti dengan yang baik. Bersihkan radiator dari kotoran yang menempel pada dindingnya. Untuk membersihkan bagian dalam radiator, tunggu sampai suhu air radiator dingin.

Bila termostat macet atau tidak mau terbuka, hal yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa proses buka tutup termostat dengan cara, termostat dicelup dalam air dengan temperatur 25 derajat celcius. Selanjutnya, air dipanaskan sampai termostat terbuka. Setelah itu air didinginkan, jika saat kondisi temperatur air sudah berubah menjadi hangat, ternyata termostat tidak menutup berarti alat tersebut sudah rusak. Dengan demikian termostat perlu diganti.

Tips Menjalankan Kendaraan Baru

Mobil yang masih baru harus hati-hati saat dijalankan, ikutilah petunjuk-petunjuk tertulis yang ada.

Mengetahui cara dan langkah-langkah menggunakan mobil baru yang dibeli dari dealer akan membuat mobil lebih tahan lama. Setelah membeli mobil baru ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankannya.

Mobil harus dijalankan dengan cara-cara yang khusus atau biasa disebut dengan running-in untuk 3.000 km pertama.

Hal penting yang tidak boleh tidak dihiraukan adalah membaca dengan seksama buku petunjuk tata cara menjalankan mobil yang biasanya disertakan dalam mobil baru yang diserahkan oleh dealer. Ikuti instruksi yang ada.

Merawat Sistem Pendingin Mesin Mobil

Sistem pendingin pada mobil perlu dilakukan pengecekan secara periodik, terlebih pada mobil yang tergolong sudah berumur.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada proses pengecekan sistem pendingin mesin mobil adalah sebagai berikut.

Kondisi pompa air harus dalam keadaan baik dan berputar dengan normal. Alasannya adalah pompa tersebut memiliki fungsi untuk menjaga sirkulasi air dari radiator ke dalam mesin. Apabila perputaran pompa air mengalami gangguan, hal ini dapat menimbulkan kebocoran pada pompa atau suplai air menjadi berkurang. Coba untuk mengecek pada bagian karet sealnya.

Selanjutnya yaitu, coba periksa pada kondisi suhu radiator, apakah dalam keadaan ideal dengan kondisi kendaraan. Deteksi pada bagian tutup radiator, biasanya pada bagian tutup ini memiliki usia pakai. Apabila kerapatan penutup radiator tidak sempurna, maka menyebabkan uap dalam radiator menyelinap keluar. Sehingga volume air di dalamnya berangsur-angsur berkurang. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan radiator menjadi malfungsi, dan suhu mesin pun meningkat drastis.

Selain pengecekan pada radiator, periksa pula tali kipas. Kedua komponen ini saling berkaitan dan memiliki fungsi yang sangat vital. Misal tali kipas kendur tentu akan menyebabkan putaran tali kipas lemah dan menjadi tidak maksimal. Hal ini menjadikan radiator bersuhu tinggi, karena tidak adanya sirkulasi udara dari kipas. Utamanya bagi kendaraan yang dilenkapi Air Conditioner (AC). Untuk itu perlu diperiksa ketegangan tali kipas. Coba pastikan bahwa kondisi tali kipas dalam keadaan baik dan bebas keretakan, khususnya untuk bagian dalam yang bergesekan langsung dengan puli.

Periksa selang radiator apakah masih berfungsi dengan baik. Cek apakah terdapat kebocoran. Biasanya yang menyebabkan selang radiator bocor adalah karena kondisi karet selang yang menjadi keras setelah penggunaan yang relatif lama (faktor usia). Umumnya yang terjadi jika kondisi karet selang mengeras dan dibiarkan bisa menyebabkan keretakan di permukaan karet dan mudah sobek. Ciri yang sering ditemui adalah selang karet mulai terlihat mengegembung.

Yang terakhir adalah pada bagian termostat. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengukur suhu air dalam radiator. Sistem kerjanya pada suhu tertentu akan membukakan pintu untuk mengalirkan air dari radiator ke mesin. Kebanyakan di kondisi tempat beriklim tropis, termostat tidak digunakan karena suhu temperatur mesin cepat naik, sehingga memerlukan pendinginan air radiator lebih cepat.